Transportasi Jadul di INDONESIA


1. Becak Khas Yogyakarta
Becak, Pariwisata, dan Yogyakarta merupakan perpaduan yang membentuk suatu icon destinasi pariwisata yang unik dan tidak dimiliki oleh destinasi di daerah lainnya dan mempunyai nilai khusus daya tarik wisatawan. Fenomena keunikan becak sebagai alat transportasi tradisional dapat dilihat dari keterkaitan hubungan yang secara konsisten masih nampak eksistensinya di dalam menjalankan fungsinya sebagai alat transportasi masyarakat, di tengah perkembangan peradaban masyarakat perkotaan Yogyakarta menuju perkotaan metropolitan khususnya bagi kepariwisataan.


2. Sepeda Oonta (Ontel )
Sepeda Onthel atau terkadang disebut sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal adalah sepeda standar dengan ban ukuran 28 inchi. Dulu, biasa digunakan masyarakat perkotaan hingga tahun 1970-an.
Berbagai macam merek sepeda onthel beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium terdapat merek Gazelle (Belanda) dan Simplex (Belanda). Sedangkan segmen di bawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal seperti, Raleigh, Humber, Fongers, Batavus, Phillips, dan Foster.
Sepeda ini mempunyai klasifikasi gender yang tegas antara sepeda pria dan sepeda wanita. Kemudian memiliki 3 varian ukuran rangka standar yakni, 57, 61, dan 66 cm.


3. cikar
Cikar merupakan alat transportasi pada jaman dahulu, jauh sebelum ditemukannya berbagai alat transportasi yang digerakan oleh mesin, dimana pada jamannya Cikar ini banyak dijumpai di daerah-daerah Indonesia, seperti Jawa lan Lombok.
Selain Cikar, kita mengenal juga alat transportasi sejenisnya seperti Delman, Sado, Dokar Dll yaitu gerobak yang ditarik oleh kuda, namun Cikar pada umumnya ditarik oleh Sapi dan dipergunakan untuk angkutan yang memuat barang atau orang.


4.Andong = dokar = cidomo
masih banyak ditemui di indonesia, kaya yogya, bandung kabupaten, kalo di lombok dikasih nama Cidomo atau kepanjangan dari cikal dokar motor adalah kendaraan khas pulau lombok


5. jukung
Keadaan alam Kalimantan Selatan meliputi sungai, danau, rawa, dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan, pantai laut, dan pulau-pulau kecil. Keadaan alam tersebut memberikan corak khusus pada kehidupan masyarakat dikawasan ini, baik itu kehidupan sosial, ekonomi maupun budayanya. Menarik bila kita mengkaji bagaimana kehidupan masyarakat Banjar yang tinggal dikawasan dimana sebagian besar wilayahnya terdiri atas sungai, danau, rawa, dan dataran rendah. Alam mempunyai peranan yang sangat besar dalam pembentukan jiwa dan budaya mereka. Unik dan khas, itulah kesan yang didapat ketika melihat budaya pada masyarakat Banjar


6. bentor
Bentor adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo. Ide kendaraan ini adalah becak yang di beri sepeda motor di bagian belakangnya. Walaupun secara hukum pihak berwajib (DLLAJR) provinsi Gorontalo tidak memberikan izin beroperasinya kendaraan ini, namun jumlah kendaraan ini dari hari ke hari makin bertambah. ada juga yg khasi siantar motor klasik BSA



7.bemo
Bemo adalah singkatan dari "becak motor" dan merupakan kendaraan bermotor roda tiga yang biasanya digunakan sebagai angkutan umum di Indonesia. Bemo mulai dipergunakan di Indonesia pada awal tahun 1962, pertama-tama di Jakarta