10 Kekaisaran Terbesar Dalam Sejarah


10. Ottoman Empire
Pada puncak kekuasaannya (abad ke-16-17), Kekaisaran Ottoman berkuasa di 3 benua,mengendalikan sebagian besar Eropa Tenggara, Asia Barat dan Afrika Utara. membawahi 29 kerajaan kecil dan pengikut yg banyak, beberapa di masukan ke dalam wilayah kekaisaran, sementara sisanya diberikan berbagai jenis otonomi selama berabad-abad. Kekaisaran itu terletak di antara dunia Timur dan Barat selama enam abad. Dengan Konstantinopel sebagai ibukota, dan wilayah sekitar Mediterania timur selama pemerintahan Suleiman I (memerintah 1520-1566),Kekaisaran Ottoman, dalam banyak hal, merupakan pengganti kekaisaran Romawi Timur (Bizantium) ke islam.
9. Umayyad Caliphate
Kekhalifahan Umayyah merupakan kekhalifahan kedua dari empat kekhalifahan islam,didirikan setelah kematian Muhammad. kekaisaran ini dikuasai oleh dinasti Umayyah, yang namanya berasal dari Umayyah bin Abd Syams, kakek buyut dari khalifah pertama Umayyah. Meskipun keluarga Umayyah awalnya berasal dari kota Mekah, Damaskus adalah ibu kota kekhalifahan mereka. Akhirnya, kekaisaran itu mencakup lebih dari lima juta mil persegi, membuatnya menjadi kekaisaran terbesar dunia yg belum pernah ada. Bani Umayyah mendirikan negara Arab-Muslim terbesar dalam sejarah. Dari saat Muhammad hingga tahun 1924, berturut-turut dan kontemporer kekhalifahan dimiliki oleh berbagai dinasti - yang terakhir ini adalah Kekaisaran Ottoman (di atas).
8. Persian Empire
Babel, Akkadians, Asiria, Sumeria, Hitites, Bactrians, Scythians, Partia, Media, Elam, Mesir, Etiopia ... Sebelum Roma, ada Persia. Mereka pada dasarnya menyatukan seluruh Asia Tengah yang terdiri dari banyak budaya yang berbeda, kerajaan, kerajaan dan suku-suku. Ini adalah kekaisaran terbesar dalam sejarah kuno. Pada puncak kekuasaannya, kekaisaran mencakup sekitar 8 juta km2. Kekaisaran dipegang oleh Cyrus yang Agung, dan berkuasa di tiga benua: Asia, Afrika dan Eropa.
7. Byzantine Empire
Kekaisaran Bizantium atau Kekaisaran Romawi Timur, adalah Kekaisaran Romawi pada Abad Pertengahan, yang berpusat di ibukota Konstantinopel, dan diperintah oleh kaisar berturut-turut langsung dari kaisar Romawi kuno. kerajaan Itu disebut kekaisaran Romawi, dan juga disebut Rumania. Selama keberadaannya, lebih dari seribu tahun, Kekaisaran tetap menjadi salah satu kekuatan ekonomi, budaya dan militer paling kuat di Eropa, walaupun mengalami kemunduran dan kerugian teritorial, khususnya selama Romawi-Persia dan Perang Bizantium-Arab. Kekaisaran menerima pukulan mematikan pada tahun 1204 oleh Perang Salib Keempat, ketika dibubarkan dan dibagi menjadi Yunani dan Latin Bizantium. Meskipun akhirnya pemulihan Konstantinopel dan pembentukan kembali Kekaisaran di 1261, di bawah kaisar Palaiologan, perang sipil berturut-turut pada abad keempat belas lebih lagi melemahkan kekuatan Kekaisaran.
6. Han Dynasty
Selama periode perang di Cina, seluruh Cina terlibat dalam perang saudara, mereka terdiri dari beberapa negara memperebutkan daerah kekuasaan. Pada akhirnya, Negara Qin menang, dan melahap sampai seluruh China, dengan 40 juta orang di bawah kendali itu. Dinasti Qin tidak berlangsung lama, dan segera berpindah ke Han, yang akhirnya menguasai Cina selama hampir 400 tahun. Periode Dinasti Han dianggap sebagai masa keemasan dalam sejarah Cina dalam hal pencapaian ilmiah, kemajuan teknologi, ekonomi, budaya dan politik stabilitas. Bahkan sampai hari ini, kebanyakan orang Cina menyebut diri mereka sebagai orang Han. Saat ini, "orang Han" ini dianggap sebagai kelompok etnis terbesar di dunia.
5. British Empire
Jajahan Inggris dikenal sebagai kekaisaran terbesar dalam sejarah, karena mencakup lebih dari 13.000.000 mil persegi, yang kira-kira seperempat dari total luas lahan bumi, dan dikendalikan lebih dari 500 juta orang - lagi-lagi seperempat populasi dunia. Akibatnya, banyak warisan ditinggalkan di daerah jajahannya dalam hal reformasi politik, pertukaran budaya dan cara hidup. Bahasa Inggris, yang menyebar, adalah bahasa yg paling banyak digunakan dunia saat ini, dan linguistik setuju bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa standar de facto dunia. Kerajaan Inggris sudah pasti salah satu imperium paling berpengaruh yang pernah ada dalam sejarah manusia.
4. Holy Roman Empire
Selama abad pertengahan, mereka dianggap sebagai negara adidaya di masanya. Pada puncak kejayaanya, Kekaisaran Romawi Suci terdiri dari Perancis timur, seluruh Jerman, Italia bagian utara dan barat Polandia. Meskipun relatif kecil dalam hal kekuasaan, pengaruhnya terhadap sejarah Eropa Tengah masih terasa hari ini. Kekaisaran secara resmi dibubarkan pada tanggal 6 Agustus 1806 ketika Kaisar Romawi Suci terakhir, Francis II (kemudian Francis I dari Austria), menyerah setelah kekalahan militer oleh Perancis di bawah Napoleon. Setelah keruntuhan tersebut, negara-negara berikut muncul: Swiss, Belanda, Kekaisaran Austria, Belgia, Kekaisaran Prusia, Liechtenstein, Konfederasi Rhein dan Kekaisaran Perancis pertama.
3. The Russian Empire
Kekaisaran Rusia adalah negara yang eksis dari 1721 sampai dengan Revolusi Rusia tahun 1917. Kekaisaran ini adalah pendahulu dari Uni Soviet. Ini adalah kekaisaran berdekatan kedua terbesar dalam sejarah dunia, dan hanya dapat dikalahkan oleh Kekaisaran Mongol. Kekaisaran ini adalah kerajaan ketiga terbesar di belakang Kerajaan Inggris dan Kekaisaran Mongol. Pada saat Tahun 1866, wilayah kekaisaran ini membentang dari Eropa Timur, di Asia, dan ke Amerika Utara.
2. Mongol Empire

Semuanya berawal ketika Temujin (yang kemudian dikenal sebagai Genghis Khan), bersumpah di masa mudanya untuk menguasai dunia di bawah kakinya. Dia hampir saja memenuhi sumpahnya. Tindakan pertama adalah pemersatu suku-suku Mongolia yang tersebar. Kemudian, ia melihat pada Cina, dan sisanya bisa lihat di sejarah. Dari Vietnam ke Hungaria, Kerajaan Mongol adalah kekaisaran bersebelahan terbesar dalam sejarah umat manusia. Sayangnya untuk mereka, kerajaan mereka terlalu besar untuk dikendalikan, dan tidak ada persatuan di antara budaya yang berbeda. Mongol adalah pejuang tak kenal takut dan kejam, namun memiliki sedikit pengalaman dalam administrasi. Citra Mongol sebagai orang brutal dan buas terkenal sepanjang sejarah.
1. Roman Empire

Pada mulanya kekaisaran ini bersifat republik (yg kemudian menjadi kekaisaran). Kekaisaran ini banyak mengukir sejarah dunia. memulai kerajaan hanya dari sebuah kerajaan kecil, yang kemuadian mempunyai wilayah besar. Ditambah dengan sistem militer dan administrasi yang baik, Kekaisaran Romawi, atau lebih tepatnya Romawi Kuno, juga salah satu kerajaan terpanjang. Menghitung dari pendiriannya saat jatuhnya kekaisaran Byzantium, Roma kuno berlangsung selama 2.214 tahun !

Romawi Kuno Kontribusinya sangat besar dalam pengembangan hukum, perang, seni, sastra, arsitektur, teknologi, agama dan bahasa di dunia Barat. Bahkan banyak sejarahwan menganggap Kekaisaran Romawi menjadi kekaisaran yang sempurna - berpengaruh, adil, tahan lama, besar, baik dipertahankan dan maju secara ekonomis. Pengaruh Kekaisaran Romawi dirasakan hari ini, tidak ada alasan lain jika pengaruhnya memang besar terhadap Gereja Katolik, yang banyak mengambil sistem administrasi dan budaya dari sana.