Sejarah Motor Harley Davidson Masuk Ke Negara Indonesia


Jangan ngaku bikers sejati bro...kalo kagak tau sejarahnya H-D masuk di Indonesia. Kuda besi dari Amrik ini hasil karya cipta dua sahabat yaitu William ''Bill'' Harley dan Arthur Davidson yang bermarkas di Milwaukee Amerika Serikat. Harley Davidson masuk ke Indonesia pada tahun 1920 dibawa oleh orang Belanda sebagai kendaraan operasional diperkebunan tentunya yang nunggangin bukan orang pribumi tapi kepala kebun orang Belanda yang disebut ''Ordeming''dalam bahasa Jawa disebut''Demang'' pada era tersebut jenis H-D masih WLA Army. Kurun waktu 20 tahun Belanda terusir oleh pendudukan Jepang, seluruh inventaris Belanda dirampas oleh Jepang termasuk H-D jenis WLA tak luput untuk dirampas, kemudian pada tahun 1945 akhirnya Jepang lengser juga, segala perlengkapan dilucuti oleh tentara Indonesia sebagai saksi sejarah adalah Bpk. Jenderal (purn) Widjojo Soejono mengungkapkan bahwa H-D WLA Army-nya didapat beliau dari hasil perjuangan beliau, sampai sekarangpun masih terawat dengan baik. Menurut penuturan beliau pada tahun 1965 H-D jenis WLA ditetapkan sebagai kendaraan operasional untuk POMAL. PATWAL dan PM. H-D is a ''Ride With The Legends'' begitu orang yang menyebutnya, tak heran banyak yang memburunya sampai sekarang karena syarat akan kekentalan legendarisnya. Salah satu dedengkot H-D Indonesia adalah Letjen (purn) Herman Sarens Sudiro sejak usia muda sampai senja semplakan dia kemana-mana adalah Harley Davidson tahun 1938, H-D bagi dia sebagai soulmate yang tergantikan... it'snot just bike bro..! H-D this is HIV ( Harley Davidson Internasional Virus) yaitu ibarat Virus yang menyerang langsung syaraf otak dan sulit untuk disembuhkan...karena begitu banyak yang mengagumi dan memujanya termasuk saya juga he he...meskipun tidak mampu beli cukup dengan gambar-nya saja sudah bisa bermimpi he he...Satu lagi punggawa H-D adalah aktor komedian Indro Warkop beliau adalah cikal bakal berdirinya HDCI ditanah air yang begitu getol membentuk wadah untuk komunitas H-D diIndonesia hingga memperjuangkan adanya dealer resmi H-D dan main sparepart-nya yang langsung dari Amrik....wow salut buat mereka bro...yang dapat mengobati mereka akan demam HIV (Harley Davidson Internasional Virus). Harley Davidson memang simbol sosok jantan seorang pria bagai ksatria...he he.



Nih..Sang Pelopornya Kita


Bapak Jenderal (Purn) Widjojo Soejono
Dedengkotnya Harley Di Negara Kita


Bapak Jenderal (Purn) Herman Sarens
Semua Mengenal Dia..


Indro Warkop
Harley Davidson Keluaran Pertama


Nih Harley Keluaran Pertama,Model Sepeda.
Harley Di Jaman Pendudukan Belanda

Kalo Gak Ada Mereka Berdua,Gak Mungkin Hadir Harley Ke Dunia Ini


Pencipta Motor Harley Davidson: William Harley & Arthur Davidso
Komunitas Perkumpulan Harley Indonesia




Nih..Para Maniak Harley Indo Yang Lagi Pawai...
Harley "BSA" di Jadikan Becak Motor Di Kota Pematang Siantar,Sumut






 
Sedikit Sejarah Mengenai Becak Motor Siantar:
-Becak Pematang Siantar tergolong unik serta langka di negara kita ini,mungkin hanya tinggal satu"nya di Tanah Air kita.
-Disebut khas dan unik lantaran, becak di Siantar bermesin sepeda motor BSA yang berusia puluhan tahun dan sudah langka. Sepeda motor ini buatan Inggris dan dijadikan alat berperang oleh tentara Inggris di Pulau Jawa pada Perang Dunia II. Rata-rata usianya telah mencapai 60 tahun. Motor-motor becak itu ada yang buatan 1941, 1948, 1952, 1953, 1954, 1955, dan 1956.
-Kapan masuknya becak ke Pematang Siantar agak sukar dipastikan. Menurut Kartiman, sarana angkutan roda tiga itu dirintis oleh P. Siahaan pada 1956, dengan becak bermotor (betor) berkekuatan 125 cc, bermerek Frans Barnet, Alpino, Filler, KK, dan SAF. Sayangnya becak generasi pertama ini tak bertahan lama.
-Kelangkaan itu membuat onderdil atau suku cadangnya sudah tidak lagi dijual di pasar. Perawatannya kian sulit. Karena langka, motor BSA menjadi collector items yang menarik dan mahal. Banyak motor BSA di Siantar menjadi buruan kolektor motor antik dari Jakarta. BSA 1952 milik Kartiman pernah ditawar seharga Rp 60 juta.
-Untuk saat ini saja Becak Pematang Siantar yg tersisa di kota Pematang Siantar berjumlah kurang lebih 400 unit saja,itu pun belom di hitung dengan becak yg sudah rusak atau masih beroperasi mencari sewa di jalan raya (siantar).
Saat ini becak motor siantar kalau di jual /unit saja bisa mencapai sekitar 60 jt-100 juta/unit. (100 juta/unit utk Becak yang perawatannya masih bagus